Nyaman Di “Rumah Kedua” Membentuk Kualitas Gede

Bekerja di sebuah perusahaan merupakan hal yang biasa bagi segelintir orang, namun menjadi seorang pengantar paket tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk semua pekerja. Adalah I Gede Chandra Wibawa, berprofesi sebagai sprinter marketing J&T Express untuk wilayah Denpasar, Bali. Dede, begitu ia akrab disapa, bergabung sejak Agustus 2016 dan mengawali langkahnya bersama J&T Express dengan tugas menjemput paket dari rumah pengirim untuk dibawa ke Drop Point area. Setahun berselang, Dede pun bertanggung jawab untuk dua bidang sekaligus yaitu mengantarkan paket pagi hingga siang hari, kemudian pada sore hingga malam hari disambung dengan penjemputan paket dari rumah pengirim ke Drop Point.

Menjalankan dua tanggung jawab tidak semata-mata berlangsung tanpa beban, dalam perjalanannya tidaklah sedikit rintangan yang dihadapi oleh Dede, karena sebagai pengantar paket, ia harus bisa mengatur waktu dan juga melayani pelanggan dengan penuh kesabaran, terutama apabila harus mengantarkan saat cuaca hujan. Satu per satu ia jalani sampai bisa menghafal empat area yang harus dijangkau setiap harinya. Dede menargetkan pengiriman paket harus selesai sebelum pukul 3 sore agar jadwal kirim tidak terganggu, setelah itu ia harus menjemput lebih dari 200 resi dari rumah pelanggan untuk dibawa ke Drop Point.

Beberapa diantaranya Dede mendapat keluhan karena waktu pengiriman tidak sesuai estimasi dari pelanggan, tetapi ada juga yang mengerti pekerjaannya dan menerima paket yang diantar Dede dengan ramah. Faktor alamat dan lokasi yang berbeda arah dan jarak pun menuntut Dede harus mengerti rute perjalanannya. Sehingga, secara bertahap Dede menghafal mulai dari satu area setiap bulannya dan setiap bertemu Dede meninggalkan kartu nama kepada pelanggannya sembari tetap tersenyum ramah mengambil paket untuk dijemput, guna memudahkan penjemputan paket diwaktu berikutnya. Hingga akhirnya ia dapat menghafal setiap area dan pelanggan pun mengenal baik seorang Dede. Kerja keras yang dilakukan Dede dengan tulus membuatnya menjadi sprinter terbaik di area Denpasar.

Setelah dua tahun menekuni profesi tersebut, dimana J&T Express area Denpasar menerapkan sistem Drop Center (DC), Dede termotivasi untuk fokuskan bidang kerjanya menjadi sprinter DC hingga pada bulan Juli 2018 ia dipercaya menjadi Koorinator DC Denpasar Timur. “Motivasi saya untuk pindah menjadi Sprinter DC karena faktor lingkungannya membuat saya nyaman kerja di bidang ini. Kekeluargaan disini sangat terasa, J&T sudah seperti rumah kedua bagi saya”, ungkap Dede, “Kalau sudah nyaman pasti kita suka dengan pekerjaan kita apapun itu”, pungkasnya. Meski baru beberapa bulan memimpin, Dede tetap belajar dari seniornya disana agar bisa memberikan yang terbaik.

Kenyamanannya bekerja lantas membuat Dede mampu mengatur perputaran tim sprinter DC dengan sangat baik. Bahkan hingga kini tim yang dibawahi Dede masih setia untuk bekerja sama dengannya sebagai tim yang solid. “Saya membuat teman-teman merasa nyaman sebagaimana yang saya rasakan dulu, namun saya tanamkan disiplin dan tegas ketika melaksanakan pekerjaan sebab meskipun bisa merasa nyaman kita pun harus patuhi peraturan yang ada”, ungkap Dede menggambarkan pengaturannya.