Mutasi Bekerja Menanamkan Disiplin dalam Diri Yulia Sampai Ke Posisi Leader

Bergabung di J&T Express sejak Oktober 2016, Yuliana Fitri bekerja sebagai admin Drop Point (DP) Payakumbuh-02, Sumatera Barat. Yulia, begitu ia disapa, sempat beberapa kali mendapat mutasi bekerja di beberapa DP lain, sampai ia dipromosikan memegang tanggung jawab sebagai Leader. Yulia juga tetap menjalankan tugas admin sehingga ia harus ekstra teliti untuk menjalankan pekerjaannya. Berapa bulan setelah itu, dimutasi lagi ke DP Payakumbuh-01, disini ia bekerja dengan tim yang baru lagi dan harus bisa beradaptasi dengan cepat.

“Awalnya tidak yakin untuk bisa handle posisi Leader, dan saya dapat nilai teori dan praktek tertinggi saat setelah training, disemangatin terus sama temen-temen J&T Express Sumbar, alhamdulillah bisa nyaman dan bisa bertahan selama ini”, ungkap Yulia. Berbaur dengan sebuah tim yang baru tidak begitu saja berjalan lancar, banyak tantangan yang dihadapi agar komunikasi tim tetap terjaga, terutama kordinasi dengan sprinter DP yang meneruskan antar jemput paket pelanggan.

Yulia menciptakan kenyamanan kerja dengan tim, dan terbuka untuk diskusi, tujuannya agar dapat saling menghargai satu sama lain didamping itu dapat berbagi ilmu agar tidak lalai dalam menghitung keuangan drop point, sehingga pekerjaan teratasi dengan baik. Dari pengalaman mutasi bekerja ini, Yulia menanamkan pada dirinya untuk perlu meningkatkan disiplin, disinilah ia semakin yakin dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan bijak.

Berpindah-pindah penempatan kerja menjadi satu hal positif yang diambil oleh Yulia, karena sering di mutasi itulah yang dia dapat mengetahui dimana letak kekurangan dan kelebihan sebuah Drop Point dan apa yang harus dilakukan agar menjadi drop point yang lebih rapih lagi dalam sisi managementnya. Bahkan Yuliana sering turun kelapangan untuk melakukan delivery ketika jumlah pengiriman sedang mengalami kelonjakan.

Penawaran posisi lain pernah ditawarkan kepada Yulia, kala itu tengah tahun kedua ia bekerja untuk bagian Quality Control area Sumatera Barat. Namun, dikarenakan ada pertimbangan lain, ia memilih untuk menjalankan tanggung jawab yang sedang ia jalani. Menjalin kerja sama tim yang kompak, sebagai Leader Drop Point dirinya dapat meminimalisir kesalahan yang ada. Salah satu hal ini lah yang membuat beliau mendapatkan nominasi admin terbaik.